Wanita Tercantik di Dunia

Jika dilontarkan sebuah pertanyaan, “Siapakah wanita tercantik di dunia?” Atau “Siapakah perempuan paling cantik di dunia?” Maka jawaban setiap pria akan berbeda-beda. Mereka memakai sebuah landasan bahwa cantik itu relatif, oleh karena itu setiap laki-laki memiliki definisi cantik yang berbeda-beda. Memang tidak salah anggapan bahwa cantik itu relatif, namun cantik yang relatif itu sendiri dikarenakan perbedaan sudut pandang. Maksud saya adalah bagaimana seorang laki-laki menilai kecantikan seorang wanita tergantung apa yang “dipandang”.

Sebagai contoh ada yang memandang wajah yang putih bersih, hidung mancung, senyum simetris, gigi berbaris rapih berwarna putih, adalah simbol kecantikan. Ada juga yang memandang bahwa body gitar Spanyol, (maaf) ukuran cup dada yang besar, (maaf lagi) bokong yang naik, dan kaki juga tangan yang mulus adalah sebuah kecantikan. Dan beberapa cara pandang lain yang tentu sobat Adipanca.com lebih tahu 🙂

Tapi menurut saya semua itu karena adanya social construction. Maksud saya adalah cantik dari berbagai sudut pandang tersebut hanyalah sebuah konstruksi sosial yang diciptakan oleh kaum elit, penguasa, pemegang modal, media, dan para pemegang kepentingan lainnya. Sebagai pembanding sekaligus contoh konstruksi sosial tentang kecantikan yang berbeda-beda di masing-masing negara mari kita lihat beberapa gambar di bawah ini.

cantik cina lama

Gambar pertama ini adalah gambar kaki orang dewasa yang memakai sepatu anak-anak. Ya benar, ini adalah konstruksi masyarakat China kuno yang menganggap/berpandangan bahwa wanita cantik adalah wanita dengan kaki yang kecil.

Cantik suku KarenKecantikan Suku Karen, Myanmar, dilukiskan dengan panjangnya leher. Waw, saya sempat ngilu melihatnya. Tapi ini adalah fakta. Dan itu cantik menurut laki-laki Suku Karen 🙂

cantik suku dayakDan ini adalah cantik menurut Suku Dayak. Semakin panjang telinganya, semakin cantik perempuan tersebut, begitu kisahnya 🙂

Sekali lagi saya ingin menegaskan bahwa Wanita Tercantik di Dunia dari sudut pandang di atas adalah sebuah kontruksi sosial, yang memang bersifat relatif, tergantung dengan daerah, kepentingan, dan nilai-nilai lain yang digunakan untuk mendeskripsikan kecantikan.

Jika pertanyaan “siapa wanita paling cantik sedunia?” dilontarkan kepada saya maka saya tidak akan menggunakan jawaban relatif, tapi saya akan menjawab secara mutlak, karena definisi kecantikan ada yang lebih mutlak. Jawaban saya Wanita Tercantik di Dunia adalah mutlak Istri saya. Bukan karena dirias, bukan karena dimake-up, bukan karena perhiasan yang melekat, tapi karena dia sudah mutlak menjadi istri saya, karena saya telah menikahinya dengan sadar, maka tentu saya harus mutlak juga mengakui kecantikannya.

wanita tercantik di dunia

Akan tetapi memang semua itu bersyarat seperti yang disebutkan oleh Rosululloh Muhammad, “Sesungguhnya dunia itu adalah perhiasan2 dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita shalihah.” (HR. Muslim no. 1467). Ya, syarat sholehah tidak boleh lepas dari istri kita dan tentu tugas kita sebagai suami adalah memberikan kepemimpinan dan tauladan, menuntun bukan menuntut, karena dengan menikahinya kita bukan hanya untuk “menikmati” kecantikan lahiriahnya saja, namun membuatnya lebih “cantik” secara agama.

Jadi siapa wanita tercantik di dunia? Jawab saya adalah: Istri Saya 🙂

 

Maukah aku beritakan kepadamu tentang sebaik-baik perbendaharaan seorang lelaki, yaitu istri shalihah yang bila dipandang akan menyenangkannya, bila diperintah akan mentaatinya, dan bila ia pergi si istri ini akan menjaga dirinya.” (HR. Abu Dawud no. 1417).

Leave a Reply