Tanda Hamil Muda

 tanda hamil muda

Minggu kemarin ada sebuah cerita yang membuat saya sangat geregetan, sekaligus hawatir, juga bingung. Istri saya tercinta tiba-tiba lebih manja dari biasanya, lebih sensitif dengan kata dan perilaku saya, minta dipijitin terus bagian pinggangnya, lebih muda merasa capek, sering pipis, pinginnya tidur, sensitif terhadap bau-bauan, mudah tersinggung dan gampang ngambek, dan suhu badannya tiba-tiba naik/panas. Yang saya tahu itu bukan hari PMS-nya, karena baru sekitar satu minggu istri saya ‘suci’, mana mungkin haid lagi?!

Minggu sore akhirnya saya terpaksa meninggalkan istri saya untuk keperluan bisnis. Di sebuah tempat saya pun bertemu kawan lama dan kawan lama saya sempat menanyakan keadaan istri saya. Saya pun menceritakan kondisi istri saya apa adanya. Kawan saya yang sudah mempuanyai 4 anak itu mengatakan kemungkinan itu tanda-tanda hamil muda. Hah, saya kaget, ya bener-bener kaget 😀

 tanda hamil muda

Puncaknya pada senin pagi tiba-tiba istri saya mual-mual. Saya sempat panik juga bingung, apa istri saya benar-benar hamil? Pernikahan kami baru berumur 5 minggu. Istri saya juga baru suci seminggu yang lalu. Ah, seakan tak percaya saya pun coba mencari informasi. Setelah saya searching, menggali informasi di dunia maya juga bertanya-tanya ke teman-teman dan sodara-sodara saya, inilah tanda-tanda hamil muda yang berhasil saya rangkum:

  1. Sering pipis atau kencing, dikarenakan kandung kemih tertekan oleh rahim yang mulai membesar.  Selain itu juga dikarenakan ada peningkatan sirkulasi darah pada wanita yang sedang hamil. (Positif ada pada istri saya)
  2. Perubahan bentuk payudara, cenderung membesar dan ada perubahan warna puting susu yang disebabkan karena adanya perubahan hormonal. (Tidak terlalu memperhatikan 😛 )
  3. Mudah lelah, biasanya hanya sampai pada masa kehamilan trimester kedua. (Positif)
  4. Merasa pusing dan sakit kepala, disebabkan karena bertambahnya daya kerja organ-organ tubuh lainnya efek dari ada janin yang juga mau tumbuh. (Positif, sering minta dipijitin kepalanya)
  5. Rasa sakit punggung, dikarenakan beberapa ligamen di punggung sudah tidak ada. Sakit ini akan terus berasa saat berat badan bertambah dan selama masa kehamilan. (Positif, sering minta dipijitin punggungnya)
  6. Ada rasa kram, ini dikarenakan ada perubahan rahim yang kian membesar seiring tumbuhnya janin. (Positif, sering juga minta dipijitin pinggangnya)
  7. Rasa ngidam. (Positif, sering minta dibeliin ini itu, cendol lah, es campur, burjo, dll)
  8. Perubahan emosional atau moody. (Positif 🙂 )
  9. Peningkatan suhu tubuh. Pengukuran temperatur tubuh ini adalah dilakukan ketika pagi hari sehabis bangun tidur dan belum melakukan aktifitas. (Positif, setiap bangun tidur badannya tiba-tiba panas 🙁 )
  10. Munculnya bau badan. (Kebetulan hidung saya sedang tidak beres, flu 🙁 )
  11. Pusing bahkan pingsan. Hal ini juga jarang terjadi.  Tapi hal ini bisa juga menimpa apabila si ibu kurang makan dan kurang minum sehingga tubuh akan lemah
  12. Bercak darah. Hal ini disebabkan karena proses menempelnya embrio ke dinding rahim ibu. (Positif)
  13. Rasa mual dan muntah. Pada awal masa kehamilan seorang wanita akan merasakan rasa mual-mual dan muntah yang bisa terjadi pada pagi hari, siang hari ataupun malam hari.  Ini terjadi dikarenakan wanita yang sedang hamil mengalami perubahan hormonal.  (Positif)
  14. Telat dan berhentinya menstruasi atau haid Ciri orang yang lagi hamil adalah tidak didapatkannya menstruasi yang biasa terjadi.  Awalnya telat namun kemudian malah tidak terjadi haid. (Negatif, karena baru saja suci)
  15. Hasil tes urine. Kebetulan saya tidak melakukannya.

Apakah istri saya benar-benar hamil? Saya mencoba tidak terlalu mencari tahu dan mencoba untuk menunggu kejutan 🙂 Namun terlepas istri saya positif atau tidak, semoga artikel tanda hamil muda ini bermanfaat bagi sobat Adipanca 🙂

Leave a Reply