Posisi Tidur Ibu Hamil Paling Baik

Posisi Tidur Ibu HamilSobat, kali ini Adipanca mencoba membahas tentang Posisi Tidur Ibu Hamil. Posisi tidur ibu hamil dikhawatirkan dapat mempengaruhi kondisi janin. Ada sebuah studi yang menyarankan ibu hamil untuk tidur miring ke kiri. Alasannya untuk mengurangi resiko kematian bayi. Artikel tersbut dimuat dalam situs Detik Health dengan judul “Saat Hamil Tidurlah dengan Miring ke Kiri“.

“Aliran darah ke bayi menjadi terbatas ketika ibu tidur dalam posisi terlentang atau miring ke kanan dalam waktu yang lama. Hal ini kemungkinan yang menjelaskan hubungan tersebut,” jelas Tomasina Stacey dari departemen obstetri dan ginekologi University of Auckland.

Menurut Stacy, ibu hamil yang tidur miring ke kiri akan membantu aliran darah ke bayi lebih baik. Hal ini karena pembuluh darah utama ibu hamil tidak terhalang berat rahim.

“Ada banyak faktor yang terkait dengan bayi lahir mati termasuk obesitas, peningkatan usia ibu, etnis, kelainan kongenital dan kondisi plasenta. Sebagian besar tidak terjelaskan,” ujar Daghni Rajasingam dari Royal College of Obstetricians and Gynaecologists, seperti dilansir Indiavision, Kamis (14/7/2011).

Studi ini tim peneliti melakukan wawancara kepada 155 perempuan di Auckland yang melahirkan bayi mati antara Juli 2006-Juni 2009 saat usia kehamilan minimal 28 minggu, yang dibandingkan dengan kelompok kontrol dari 310 ibu yang sedang hamil.

Posisi Tidur Ibu Hamil

Penilaian Adipanca Tentang Posisi Tidur Ibu Hamil

Adipanca menilai penelitian ini hanyalah penilitian dalam sekala kecil dengan rasio pengaruh tidak sampai dari 2%. Bahkan peneliti sendiri pun menyadari harus ada penelitian lanjutan. Oleh karenanya, sobat dan calon bunda semua tidak perlu risau dengan ini. Rileks saja ya sobat. Bisa jadi kerisauan ini malah menimbulkan dampak buruk untuk janin. 🙂

Agama kita sudah mengajarkan bahwa posisi tidur terbaik adalah miring ke kanan. Ini adalah sunah Nabi. Dan kita dilarang untuk tidur tengkurap. Posisi tidur seperti ini pun berlaku untuk ibu hamil. Coba bayangkan jika tengkurap menjadi pavorit posisi tidur ibu hamil. Walhasil??? Saya tidak mampu membayangkannya. 😛

Kesimpulannya adalah posisi tidur terbaik sudah dicontohkan oleh Rosul. Miring ke kanan dan tak mengapa kemudian miring ke kiri. Tirulah, maka itu lah yang terbaik untuk kita. Jangan pernah risau dengan hal ini. Salam sukses sobat Adipanca! 🙂

Leave a Reply