Biaya Nikah di KUA (Biaya Mengurus Surat Nikah)

Selamat pagi sahabat! Kami berdoa semoga kita semua selalu sehat, sukses, dan bahagia. Amin 🙂 Bagi sobat yang kemarin membaca artikel Cara Mengurus Surat Nikah mungkin akan menunggu-nunggu artikel kami tentang biaya-biaya yang diperlukan untuk itu. Iya kami maklum, kami sudah menjanjikan untuk update informasi biaya nikah resmi di KUA :D. Berapa ya kira-kira biaya nikah yang resmi dan yang telah kami keluarkan?

Biaya Nikah

Nah, kemarin kita sudah tahu bahwa ada tiga langkah mengurus surat nikah. Pada langkah pertama adalah penyiapan dokumen. Biaya nikah yang dibutuhkan pada langkah ini adalah untuk keperluan Fotokopi dokumen dan cetak foto. Kemudian biaya yang dibutuhkan di langkah kedua adalah untuk keperluan pembuatan surat pengantar di tingkat RT sampai tingkat desa/kelurahan. Sedangkan pada langkah ketiga adalah biaya pendaftaran resmi di KUA. Berikut kira-kira gambaran biayanya.

  1. Biaya fotokopi sekitar Rp. 2.000.
  2. Biaya cetak foto sekitar Rp. 10.000 (kualitas foto harus yang bagus ya :)).
  3. Biaya surat pengantar di RT GRATIS.
  4. Biaya surat pengantar nikah di kelurahan Rp. 30.000.
  5. Biaya daftar nikah di KUA Rp. 30.000.
  6. Selain itu, untuk calon pengantin wanita ada biaya tambahan lagi biaya test kesehatan di Puskesmas (Suntuk TT, test urin, cek darah) Rp. 50.000.

Total biaya nikah yang dibutuhkan hanya sekitar Rp. 122.000. Ini berdasarkan pengalaman dari istri saya yang berada di kabupaten yang sudah lumayan bersih. Sedangkan biaya yang saya keluarkan jauh lebih besar, yakni lebih dari Rp. 150.000. Padahal di daerah saya tidak harus membuat surat pengantar RT/RW dan saya tidak wajib menjalani test kesehatan :(.

cara mengurus surat nikah

Sobat Adipanca, biaya nikah itu murah. Yang membuat mahal adalah kebiasaan masyarakat kita sendiri. Contohnya saja penghulu sebenarnya tidak menerima bayaran (karena dia sudah mendapatkan gaji). Tetapi kadang masyarakat memberikan semacam uang jalan yang jumlahnya tidak sedikit. Kami tahu itu hanya semacam uang terimakasih. Seperti memberikan hadiah. Akan tetapi karena kebiasaan ini beberapa oknum penghulu malah mematok biaya nikah di luar biaya resmi yang sudah ditentukan oleh pemerintah. Inilah yang menjadikan biaya nikah jadi mahal.

Alhamdulilah, penghulu (wali hakim) yang menikahkan kami tidak seperti itu. Jadi Adi dan Panca hanya membayar sebesar Rp. 30.000 saja. Tidak ada lagi biaya tambahan. Bahkan ketika orang tua kami memberikan semacam uang terimakasih, beliau mengembalikannya. Salute!

– Biaya Nikah Adipanca –

Leave a Reply